SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

Posted by Unknown on 6:07:00 AM with No comments
Baiklah, pada pertemuan ke 7 di semester 1 ane belajar tentang

 Sistem Informasi Berbasis Komputer
 Ane akan menuliskan dibikin 2 sesi, soalnya kepanjangan kalo langsung satu sesi, banyak banget ampe 25 slide,

Ok, sesi yang pertama ane bahas konsep dasarnya dulu.




Konsep Dasar
  1. Sistem
  2. Sistem Informasi
  3. Sistem Informasi Berbasis Komputer
  4. Sistem Informasi Manajemen
1. SISTEM

Sistem adalah kumpulan elemen, komponen atau subsistem yang saling berintegrasi dan berinteraksi untuk mencapai tujuan.

 Karakteristik Sistem
  1. Elemen - element   (Elemens)
  2. Batasan (Boundary)
  3. Lingkungan Sistem ( Environment)
  4. Penghubung ( Interface )
  5. Masukkan ( Input)
  6. Pengolahan ( Proses)
  7. Keluaran (Output )
  8. Tujuan (Goal)
 Klasifikasi Sistem
  1. Sistem Abstrak dan sistem fisik
  2. Sistem alamiah dan sistem buatan manusia
  3. Sistem tertentu ( deterministc system ) dan sistem tidak tentu (Probabilistic System)
  4. Sistem tertutup dan sistem terbuka
Sistem berbasis komputer adalah sistem yang komponen dan subsistemnya terdiri dari :
  1. Orang
  2. Perangkat keras komputer ( Hardware )
  3. Perangkat lunak komputer (Software)
  4. Basis data
  5. Prosedur 
  6. Dokumentasi

 2. SISTEM INFORMASI
  • Informasi adalah data yang telah di olah menjadi bentuk yang berartu bagi penerimanya dan  bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang.
  • Sistem Informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang memepertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi bersifar manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan meyediakan pihak luar tertentu dengan laporan - laporan yang diperlukan.
  • Data adalah gambaran kejadian yang berwujud karakter, angka atau simbol tertentu yang memiliki arti. 
Kriteria kualitas informasi
  1. Akurat
  2. Tepat waktu
  3. Relevan
 Suatu informasi yang tidak berkualitas atau tidak bernilai dapat disebabkan :
  1. Metode pengukuran dan pengumpulan data yang salah
  2. Tidak mengikuti prosedur pengolahan data yang benar
  3. Data hilang atau tidak terolah, kesalahan mencatat atau mengoreksi data
  4. File historis induk yang salah
  5. Kesalahan dalam prosedur pengolahan 
  6. Kesalahan yang disengaja
Jenis - jenis sumber daya yang berwujud
  1. Manusia 
  2. Material
  3. Mesin
  4. Uang
Para pemakai informasi yang utama adalah para manajer sebagai pihak pengambilan keputusan manajemen.

Output dari perancangan strategi informasi mencangkup 3 hal pokok, yaitu
  1. Sistem Informasi
  2. Teknologi Informasi
  3. Manajemen Informasi
 Alasan - alasan yang menyebabkan komputer begitu penting dalam menyediakan informasi :

1.  Kegiatan bisnis semakin meningkat dan rumit
  • Globalosasi ekonomi
  • Persaingan dunia
  • Kebutuhan teknologi semakin andal
  • Batas waktu semakin singkat
  • kendala kendala sosial
  • Tujuan pelayanan praktis dan cepat saji
2.  Kemampuan komputer semakin baik
  • Kecepatan
  • Kapasitas 
  • Repetitif
  • Input yang pasti 
  • Output yang akurat
  • Keamanan proses dan dokumentasi
3. Minat untuk menggunakan dan mengembangkan sistem informasi berbasis komputer dan aplikasinya atau faktor End User Computing.
  • Meningkatnya pengetahuan tentang komputer
  • Harga perangkat yang semakin murah
  • Tersedianya kebutuhan jasa informasi
Kegiatan Pengolahan data :
  1. Pengumpulan data ( data collection)
  2. Manipulasi data (data manipulation)
  • Pengklasifikasian
  • Penyortiran 
  • Penghitungan 
  • Pengikhtisaran
     3. Penyimpanan Data ( data storage)
     4. Penyiapan dokumen  (data preparation)

Sistem Komunikasi data merupakan suatu sistem dimana data bisa diolah dan digunakan oleh pihak lain (multi user) pada komputer yang berbeda.

Sistem basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan dengan yang lainnya untuk tujuan tertentu.

Keuntungan pengguanaan sistem informasi :
  1. Dapat meningkatkan keuntungan perusahaan 
  2. Mengurangi biaya bisnis
  3. Meningkatkan pangsa pasar
  4. Perbaikan relasi pelanggan atau pelayanan
  5. Meningkatkan efisiensi
  6. Dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan
  7. Kesalahan lebih sedikit
  8. Perbaikan keamanan
  9. Kapasitas lebih banyak atau besar




Categories: