SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER (lanjutan)

Posted by Unknown on 6:43:00 AM with No comments
Ok, selanjutnya ane mau menuliskan tentang materi  sistem informasi berbasis komputer yang bagian keduanya, Waktu itu dalam satu pertemuan sih, tapi ini ane buat seolah dua pertemuan biar enak belajarnya, ga berlebihan dan pastinya mudah- mudahan jadi gampang nangkepnya, kan ga banyak - banyak, dan buat ane juga lebih efektif buat belajarnya.

ok langsung aja kita lanjutkan dalam pembahasan SISTEM INFORMASI MANAJEMEN.

Apa itu sistem informasi manajemen?
  • Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk kebutuhan manajemen..
  • Sistem Informasi Manajemen bertugas mengumpulkan, menyimpan dan mengolah data untuk akhirnya menyajikan infirmasi kepada semua tingkatan manajemen dan berkaitan dengan fungsi manajemen dalam pengelolaan sumber daya.
  • Tujuan Sistem Informasi Manajemen adalah menunjang proses pengambilan keputusan dalam melaksanakan fungsi manajemen pada berbagai tingkatan.
  • Peranan Sistem informasi dalam kegiatan manajemen adalah menyediakan inforamasi untuk menunjang pengambilan keputusan yang dilakukan manajemen.
 Ada 3 tingkatan dalam kegiatan manajemen:
  1. Manajemen tingkat atas ( Perencanaan strategis)
  2. Manajemen tingkat menengah (pengendalian manajemen)
  3. Manajemen tingkat bawah (pengendalian operasional)
 Sistem Pengambilan Keputusan ( Decisosn Support System)

      Lima karakter utama DSS
  1. Sistem yang berbasis komputer
  2. Dipergunakan untuk mengambil keputusan
  3. Untuk memecahkan masalah yang rumit yang tidak digunakan dengan kalkulasi manual
  4. Melalui cara simulasi yang interaktif
  5. Komponen utamanya data dan analisis model
 Sistem Informasui Eksekutif ( Executive Information System /  EIS) adalah informasi yang tepat dan akurat yang dibutuhkan oleh seorang eksekutif yang di perlukan dalam proses pengambilan keputusan.

Pembangunan Sistem Informasi

Dalam pembangunan sistem informasi bisnis produk yang dihasilkan bisa di kategorikan dua hal :
 1. Front Office Information System
 2. Back Office Information System

Pengembangan sistem informasi merupakan suatu tindakan mengubah , menggantikan atau menyusun sistem lama menjadi sistem baru baik secara sebagian maupun keseluruhan untuk memperbaiki sistem yang selama ini berjalan.

Prinsip Pengembangan Sistem
  1. Melibatkan para pengguna / pemakai sistem
  2. Menggunakan pendekatan pemecahan masalah
  3. Membentuk fase dan aktifitas
  4. Mendokumentasikan selama proses pengembangan 
  5. Membentuk standar 
  6. Mengelola proses
  7. Menentukan sistem informasi sebagai model
  8. Tidak takut terhadap pembatalan atau lingkup revisi
  9. Melakukan pembagian yang jelas
  10. Mendesain untuk pertumbuhan dan perubahan
 Metodologi Pengembangan Sistem (System Development Life Cycle)

Tahap - tahap dalam System Development Life Cycle
  1. Perencanaan sistem ( System Planning)
  2. Analisis Sistem ( System Analysis)
  3. Desain /  Perencangan Sistem ( System Design)
  4. Penerapan / Implementasi (Implementation)
  5. Perawatan Sistem ( System Maintenance)
Tahap Perencanaan Sistem
  1. Menyadari adanya masalah
  2. Mendefinisikan masalah
  3. Menentukan tujuan sistem
  4. Mengidentifikasikan kendala - kendala sistem
  5. Membuat studi kelayakan
  6. Mempersiapkan usulan penelitiann sistem
  7. Menyetujui atau menolak penelitian 
  8. Menetapkan mekanisme pengendalian sistem 
Tahap Analisis Sistem
  1. Identifikasi masalah
  2. Mengorganisasikan tim proyek
  3. Mendefinisikan kebutuhan proyek
  4. Mendefinisikan kriteria kinerja sistem
  5. Membuat laporan hasil analisis
Tahap Desain Sistem
  1. Menyiapkan rancangan sistem yang terperinci
  2. Mengidentifikasikan berbagai alternatif konfigurasi sistem
  3.  Mengevaluasi berbagai alternatif konfigursasi sistem
  4. Memilih konfigurasi terbaik
  5. Menyiapkan usulan implementasi
  6. Menyetujui atau menolak penerapan sistem
Tahap Implementasi
  1. Merencanakan implementasi
  2. Melakukan Kegiatan implementasi
    •  Memilih sub=mber daya hardware dan software
    • Menyiapkan database
    • Pengujian atau pengetesan sistem
     3.  Menyiapkan fasilitas fisik
     4 . Menyiapkan personel
     5.  Melakukan simulasi
     6.  Beralih ke sistem baru

Tahap Pemeliharaan
  1. Penggunaan sistem
  2. Audit sistem
  3. Penjagaan sistem
  4. Perbaikan sistem
  5. Meningkatkan sistem
 Peran Personel sistem

1. Sistem Analisis

Sistem analisis adalah seorang yang mempunyai keahlian atau kemampuan luar di bidang teknologi informasi dan bisnis, serta dapat menggunakan pengetahuan aplikasi komputer di dalam memecahkan maslah.

     Fungsi Sistem Analis
  • Mengadakan kebutuhan pengguna
  • Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai
  • Memilih alternatif metode pemecahan masalah yang paling tepat
  • Merencanakan dan menerapkan rancangan sistem

2. Programmer
Tugas seorang programmer
  1. Tanggung jawab yang terbatas pada pembuatan program komputer
  2. Pengetahuan yang cukup terbatas pada tekologi komputer,sistem komputer
  3. Pembuatan instruksi-instruksi program
Personal sistem yang lain
  1. Administrator jaringan 
  2. teknisi (Hardware)
  3. Administrator database
  4. Dokumenter
  5. Penguji software
  6. Desainer web dan grafis
  7. konsultan 
Pengguna sistem
  1. Pengguna sistem disebut juga sebagai End User
  2. Manajemen memegang peranan penting dalam menyetujui rencana pengembangan sistem dan penyediaan dana



Categories: